MUSYAWARAH MENYEPAKATI RKP TAHUN 2019

Nanda Putra Diansyah 12 September 2018 12:43:21 WIB

Desa Tanjung Harap 5 September 2018. Ketua BPD dan Kepala desa berserta  Kasi PMD Kecamatan mengundang masyarakat untuk melaksanakan Musrembang di aula desa Tanjung Harap, dimana dalam pertemuan kali ini masyarakat dapat mengetahui apa saja yang menjadi prioritas dalam pembangunan di tahun 2019. Sebelumnya telah di laksanakan penyusunan RKP bersama masyarakat pada tanggal 23 Juli 2018, tapi pada pertemuan sebelumnya masyarakat hanya menyampaikan beberapa saran saran apa saja yang akan dibangun di tahun 2019, tetapi saran saran masyarakat  itu tidak semuanya dapat dilaksanakan pada tahun 2019. Dipertemuan kali ini, tim pelaksana telah melakukan penyusunan dan pemilahan mana saja yang menjadi prioritas pembangunan tahun 2019.

Dipertemuan kali ini tim pelaksana musrembang juga menyampaikan beberapa pembangunan yang harus di bangun pada 2019. “Acuan kita untuk menetapkan usulan usulan prioritas yang akan kita laksanakan untuk melakukan pembangunan di tahun 2019 kita mengacu pada penyusunan RKP desa yang sebelumnya, namun ada sedikit dikoreksi karna pada usulan RKP desa itu tidak ada untuk pembangunan perpustakaan desa” ujar kepala desa pada pembukaan. Perpustakaan Desa sendiri adalah program dari kemendagri untuk desa desa yang terpilih menjadi Pilot Projeck tentang kewenangan desa. “ Ada 4 desa yang terpilih menjadi Pilot Projeck, di sumatera sendiri ada 2 desa,  yang pertama desa kita Tanjung Harap, kemudian desa semau di tanjung jabung, kemudian ada di Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur” Ujarnya saat menyampaikan pembukaan. Dari pertemuan tim Pilot Projeck kemarin kemendagri memberikan bantuan senilai 35 juta untuk pembangunan awal perpustakaan desa dan renopasi kantor desa sebesar 50 juta.

Untuk pembangunan awal perpustakaan desa dengan dana senilai 35 juta itu tidakla mencukupi, maka dari itu Tim pelaksana Musrembang masukan Perpustakaan Desa dalam RKP di tahun 2019 dan akan menjadi prioritas. Selain perpustakaan desa, Kabupatern Serdang Bedagai juga memasukan pengaspalan jalan dusun 2 hingga pesantren menjadi prioritas kabupaten. “ Di Kecamatan Serbajadi ada 5 titik yang menjadi perioritas Kabupaten dalam pembangunan 2019, salah satunya adalah Desa Tanjung Harap, yaitu terletak pada dusun 2” ucap Kasi PMD Kecamatan. Ada sedikit tambahan dari kepala desa, bahwasannya ada program dari kabupatan dimana setiap desa harus mempunyai Ruang Terbuka Hijau dan Tanah Lapang dimana tempat itu bisa dijadikan untuk tempat bermain dan berekreasi. “Saran bapak Nazarudin selaku mantan camat Serbajadi, bahwasannya tempat terbuka hijau itu di pesantren, dan setiap desa harus meliliki tanah lapang, diharapkan pada musrembang kecamatan setiap desa bisa mensepakati pengadaan tanah lapang” Kata Kepala desa Tanjung Harap.

Dengan adanya musrembang ini, masyarakat bisa mengetahui apa apa saja yang akan menjadi prioristas pembangunan yang ada di tahun 2019 nanti dan apa saja yang tidak menjadi prioritas bisa diadakan pada tahun yang akan datang.

Komentar atas MUSYAWARAH MENYEPAKATI RKP TAHUN 2019

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

       Selamat dan Sukses

gambar


Pesan Redaksi :


Layanan Mandiri


Silahkan hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Kemitraan

       IKLAN USAHA DESA

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Desa Tanjung Harap

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung