Pemerintah Desa Tanjung Harap adakan Bimbingan Tekhnis Peningkatan Kapasitas TKPKDesa Tanjung Harap

A. Fazil 21 Desember 2017 15:37:14 WIB

Dalam Rangka realisasi Rencana Kerja Pemerintah Desa Tanjung Harap Tahun anggaran 2017, Kamis 21/12 Pemerintah Desa Tanjung Harap laksanakan bimbingan tekhnis Peningkatan Kapasitas Tim Kordinasi Penanggulangan Desa ( TKPKDesa ) Tanjung Harap.

Tujuan dilaksanakannya Bimbingan tekhnis ini merupakan bentuk upaya Pemerintah Desa Tanjung Harap mengambil bagian dalam kapasitasnya dalam membantu upaya Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dalam mencapai salah satu target capaian dari “21 Peraiahn” yang tertuang dalam Peraturan Daerah Serdang Bedagai Nomor 1 Tahun 2016 -2021 yaitu menurunkan angka kemiskinan pada tahun 2021 menjadi 5% .

Ahmad Zain Nasution Kepala Desa Tanjung Harap dalam sambutannya, Bimtek ini merupakan tindak lanjut dari Pembentukan TKPKDesa sekaligus sosialisasi TKPKDesa pada tahun 2016, tujuannya ialah untuk meningkatkan kapasitas Tim Kordinasi Penanggulangan Kemiskinan Desa (TKPKDesa ) Desa Tanjung Harap. Kedepan diharapkan dengan dilaksanakannya Bimtek ini TKPKDesa semakin tahu dan mengerti tentang Tupoksinya. Ahmad Zain berharap peserta bisa mengikuti Bimtek ini sampai selesai dan bisa menyerap ilmu yang di berikan oleh Narasumber. Tutupnya.

Taufik Saleh Kasubbid Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Serdang Bedagai dalam paparannya , menjelaskan tentang Tugas TKPKDesa antara lain, Koordinasi penyusunan RPJMDesa yang pro penanggulangan kemiskinan,  Koordinasi musrenbang desa untuk penaggulangan kemiskinan , Koordinasi penaggulangan kemiskinan dalam penyusunan rencana kerja pemerintah desa , Koordinasi evaluasi dokumen perencanaan pembangunan desa, Pengendalian pemantauan, supervisi dan tindak lanjut terhadap pencapaian tujuan program penanggulangan kemiskinan, Pengendalian pemantauan pencapaian target penyerapan dana dan kendala yang dihadapi, Penyusunan hasil pemantauan pelaksanaan program, Pengendalian penanganan pengaduan masyarakat bidang penanggulangan kemiskinan , Penyiapan laporan pelaksanaan dan capaian program.

Ada beberapa penanganan pengaduan dari masyarakat yang bisa diterima TKPKDesa antara lain : Subsidi listrik tepat sasaran, Program Keluarga Harapan, Bedah rumah tak layak huni, BPJS Kesehatan dan Rastra, serta masalah kesejahteraan masyarakat lainnya ujar Taufik .

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menurunkan angka kemiskinan di Desa, TKPKDesa bisa berkordinasi kepada Pemerintah Desa memberikan masukan atau usulan kepada Pemerintah Desa untuk membangun strategi pengembangan usaha ekonomi masyarakat desa  berbasis potensi lokal termasuk didalamnya Badan Usaha Milik Desa ( BUMDesa) ucap Samsul Sijabat Kepala Bidang UED dan PKP Dinas PMD Kabupaten Serdang Bedagai .

Hal tersebut bertujuan , terlaksananya upaya percepatan pengembangan ekonomi lokal melalui pelibatan pemerintah, dunia usaha, masyarakat lokal, dan organisasi masyarakat madani dalam suatu proses yang partisipatif, Terbangun dan berkembangnya kemitraan dan aliansi strategis dalam upaya percepatan pengembangan ekonomi lokal diantara stakeholder secara sinergis, Terbangunnya sarana dan prasarana ekonomi yang mendukung upaya percepatan pengembangan ekonomi lokal, Terwujudnya pengembangan dan pertumbuhan UKM secara ekonomis dan berkelanjutan, Terwujudnya peningkatan pendapatan masyarakat, berkurangnya pengangguran, menurunnya tingkat kemiskinan, Terwujudnya peningkatan pemerataan antar kelompok masyarakat, antar sektor dan antar wilayah,  Terciptanya ketahanan dan kemandirian ekonomi masyarakat lokal. Ujar Samsul menutup paparannya.

Lain hal disampaikan oleh Iswan Kaputra Narasumber dari lembaga Bitra Indonesia, dalam Meningkatkan Tugas dan Fungsi TKPK Desa, TKPK Desa harus interaktif dan reaktif terhadap masalah kemiskinan dihadapi warga. Mengelola dan memutakhirkan (up dating) data dan profil keluarga miskin, Melaksanakan fasilitasi dan koordinasi kegiatan penanggulangan kemiskinan, Melakukan kemitraan dan pendampingan, Melakukan pemantauan dan pelaporan.

Mengenai Partisipasi Perencanaan dan Pengambilan Keputusan Desa TKPKDesa berkewajiban, Memastikan adanya partisipasi aktif (keterlibatan) dan keterwakilan warga secara mandatoris (diamanahkan UU dan aturan), Memastikan keterlibatan masyarakat marjinal baik karena gender, disabilitas, etnis maupun pandangan politik berbeda ke dalam proses perencanaan desa dan forum-forum pengambilan keputusan desa, Keputusan maupun rencana desa akan semakin akuntabel terhadap kebutuhan dan kepentingan masyarakat marginal, indikasinya, semakin meningkat anggaran desa yang dialokasi untuk pelayanan dasar dan pemberdayaan masyarakat miskin, marjinal.Tutup Iswan mengakhiri paparannya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

       Selamat dan Sukses

gambar

Ir. H Soekirman           Darma Wijaya,SE
Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai Periode 2016-2021


Pesan Redaksi :


Layanan Mandiri


Silahkan hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Kemitraan

       IKLAN USAHA DESA

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Desa Tanjung Harap

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung