Pemerintah Desa Tanjung Harap Gunakan Data AKP sebagai Acuan Distribusi Rastra

A. Fazil 12 Juni 2017 10:45:55 WIB

Penyaluran beras bersubsidi bagi masyarakat berpendapatan rendah telah dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia sejak tahun 1998.Program ini pada awalnya disebut dengan Operasi Pasar Khusus (OPK) yang dilaksanakan sebagai program darurat untuk merespon krisis ekonomi yang terjadi pada saat itu. Pada perkembangannya, program beras bersubsidi diperluas fungsinya sebagai bagian dari program perlindungan sosial yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat berpendapatan rendah dalam pemenuhan hak dasar berupa kebutuhan pangan pokok dan dikenal dengan sebutan Raskin/Rastra.

Sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia, bantuan subsidi beras bagi masyarakat berpendapatan rendah akan ditransformasikan menjadi bantuan pangan yang disalurkan secara non tunai untuk meningkatkan efektifitas dan ketepatan sasaran program, serta mendorong inklusi keuangan.

Namun dari rentetan program pengentasan kemiskinan yang dilaksanakan Pemerintah, tak jarang pula berakibat timbulnya problem dimasyarakat terutama mengenai pendataan, sering kali terjadi kesenjangan sosial ditengah tengah masyarakat, sebab  data penerima manfaat yang diterima dari pusat kepada Pemerintah Desa tidak sesuai dengan yang diharapkan ujar M. Taufik Syahputra Nst Kaur Pemerintahan Desa Tanjung Harap disela sela acara Musyawarah Distribusi Beras Sejahtera beberapa waktu yang lalu di Aula Desa Tanjung Harap.

Menurutnya data Penerima Manfaat Rastra T.A 2017 ini masi jauh dari Valid, sebab banyak terdapat nama warga yang sudah pindah tetapi datanya masih keluar begitu juga warga yang sudah meninggal, selain itu terdapat nama nama penerima manfaat yang sudah tidak layak lagi menerima, sebab warga tersebut sudah keluar dari zona kemiskinan berdasarkan data survey AKP ( analisis kemiskinan partisipatif ) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Tanjung Harap bersama warganya, data AKP Desa Tanjung Harap merupakan Data yang cukup mendekati Valid, sebab AKP dilaksanakan secara partisipatif oleh masyarakat Desa Tanjung Harap serta melalui tahapan dan proses proses yang cukup panjang, Hasil survey AKP tidak langsung di input sebagai data acuan, Data Hasil Survey masih harus di uji publikasikan kepada seluruh masyarakat terdaftar sebagai penentu layak atau tidaknya masyarakat tersebut masuk kategori Miskin.

Berdasarkan hal itu melalui musyawarah Distribusi Beras Sejahtera Desa Tanjung Harap beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Desa Tanjung Harap bersama masyarakat penerima manfaat membuat kesepakatan bersama, dalam kesepakatan tersebut , Data Resmi penerima manfaat rastra dari pusat dengan data AKP desa tanjung harap mendapatkan bagian yang sama, dengan pembagian masing masing mendapatkan 10 Kg beras sejahtera per kepala keluarga tiap 2 bulan penyaluran. Jelas Ahmmad Zain Nasution Kepala Desa Tanjung Harap usai musyawarah distribusi rastra.

Hasil musyawarah kemudian dituangkan dalam Berita Acara dan ditanda tangani oleh BPD,Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Penerima Manfaat. Menurutnya “Berita Acara ini akan menjadi payung hukum bagi kita apabila nantinya ada oknum oknum yang dengan sengaja mencari cari kesalahan tentang kebijakan yang telah dibuat dalam pemabagian Beras Sejahtera T.A 2017 ini ” tegas Ahmad Zain Nasution.  

Komentar atas Pemerintah Desa Tanjung Harap Gunakan Data AKP sebagai Acuan Distribusi Rastra

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

       Selamat dan Sukses

gambar

Ir. H Soekirman           Darma Wijaya,SE
Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai Periode 2016-2021


Pesan Redaksi :


Layanan Mandiri


Silahkan hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Kemitraan

       IKLAN USAHA DESA

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Desa Tanjung Harap

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung