Mahasiswa STIPAP Medan Berikan Penyuluhan Pertanian

24 Februari 2017 13:45:18 WIB

Penyuluhan pertanian adalah suatu usaha atau upaya untuk mengubah perilaku  petani dan keluarganya, agar mereka mengetahui dan mempunyai kemauan serta mampu memecahkan masalahnya sendiri dalam usaha atau kegiatan-kegiatan meningkatkan hasil usahanya dan tingkat kehidupannya. Senin (20/2) bertempat di aula kantor Desa Tanjung Harap, mahasiswa dari Sekolah Tinggi Agrobisnis Perkebunan (STIPAP), melakukan sosialisasi perkebunan dan pertanian dalam bentuk penyuluhan.

Dalam paparan kegiatan tersebut pembicara mengungkapkan terdapatnya perkebunan karet dan kelapa sawit milik warga yang rentan terhadap hama, dan tentunya warga sangat di rugikan hama tersebut karena selain merusak tanaman pertanian ulah hama juga dapat mematikan sumber penghasilan warga itu sendiri.

sementara tujuan penyuluhan pertanian ini sendiri mencakup tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Tujuan penyuluhan jangka pendek yaitu menumbuhkan perubahan-perubahan dalam diri petani yang mencakup tingkat pengetahuan, kecakapan, kemampuan, sikap, dan motivasi petani terhadap kegiatan usaha tani yang dilakukan. Tujuan penyuluhan jangka panjang yaitu peningkatan taraf hidup masyarakat tani sehingga kesejahteraan hidup petani terjamin. Pada kegiatan tersebut warga merasa mendapat banyak informasi, warga juga merasa kegiatan ini sangat bermanfaat karena dari yang tidak tahu kini mereka menjadi tahu dalam hal tata cara merawat tanaman yang  mereka miliki.

"saya berterima kasih atas informasi yang adik-adik sekalian jelaskan dan memaparkan bagaimana caranya merawat dan menjaga tanaman kami agar terhindar dari hama,tentunya ilmu yang sangat mengutungkan bagi kami,yang awalnya kami tidak mengetahui bagaimana tata cara merawat tanaman yang kami miliki dengan informasi inilah kami menjadi tahu’’tutur Syahran salah seorang warga dusun satu.

Kepada masyarakat kepala Desa Tanjung Harap, Ahmad Zain Nasution berharap agar penyuluhan pertanian mampu memotivasi peningkatan  produksi pertanian  merangsang kehidupan ekonomi, yang tentunya berdampak pada meningkatnya kesejahteraan keluarga petani dan rakyat desa, dan tercipatanya pengusahaan pertanian yang berkelanjutan. Sedangkan kepda 12 mahasiswa STIPAP Medan yang memberikan penyuluhan beliau mengharapkan agar dapat terjalin komunikasi yang baik pada seluruh masyarakat yang ada untuk kelancaran kegiatan PKL.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

       Selamat dan Sukses

gambar

Ir. H Soekirman           Darma Wijaya,SE
Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai Periode 2016-2021


Pesan Redaksi :


Layanan Mandiri


Silahkan hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Kemitraan

       IKLAN USAHA DESA

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Desa Tanjung Harap

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung