Sulap Barang Bekas Jadi Tas Cantik Mampu Dongkrak Ekonomi Warga

16 Oktober 2016 10:12:27 WIB

“Awalnya waktu itu awak dikasih tas tangan yang bahan dasarnya tulang gelas plastik dan tali rajut warna warni, oleh-oleh saudara yang tinggal di Padang, Sumatera Barat. Ditengok-tengok kok cantik terus awak bongkari dan pasangi lagi, dua minggulah dicoba terus bisa jadinya” ucap Nurul Azmi warga Dusun III Desa Tanjung Harap Kecamatan Serba Jadi.

Nurul Azmi adalah seorang pengerajin tas yang memanfaatkan limbah minuman gelas menjadi barang bernilai ekonomis. Tinggal disebuah rumah kontrakan yang berada didusun III Desa Tanjung Harap bersama seorang suami bernama Suparjo, dan 2 orang anak perempuannya yang masih duduk dibangku sekolah tingkat dasar, dulunya Nur panggilan akrab Nurul Azmi adalah seorang Pedagang Bunga pinggir jalan di Kota Galang yang jarak tempuhnya lumayan jauh dari tempat tinggalnya.

Karena himpitan ekonomi memaksa Nur untuk berpikir keras dan berinisiatif untuk beralih profesi. Berbekal kemampuan coba-coba tersebut kini Nur yang telah tiga bulan menekuni kerajinan tangan dari barang bekas mampu menambah pendapatan ekonomi keluarganya, seperti pada bulan lalu Nur mampu menjual 24 buah tas karyanya pada warga sekitar. Harga yang ia tawarkan cukup terjangkau dan bervariasi berkisar antara Rp. 30.000 sampai Rp. 200.000 tergantung tingkat kesulitan dan banyaknya bahan baku yang terpakai.

Tak hanya memproduksi tas tangan bagi kaum wanita, pada koleksi hasil karya yang tersimpan dikediamannya juga terdapat aksesoris pria, bingkai foto dan pernak - penik unik cantik lainnya, hingga mungkin saja anda tertarik untuk melihat dan membelinya. Apalagi untuk karya tas tangan pembeli bisa memesan tergantung dengan selera yang diinginkan.

Menekuni kerajinan harus dengan penuh ketelitian dan kesabaran agar hasilnya sempurna dan nyaman dipakai adalah mottonya, namun Nur masih dituntut berpikir keras karena ditengah meningkatnya pesanan saat ini ia masih terkendala modal dalam pengadaan bahan baku.

"Untuk jualnya awak gak bingung, yang awak bingungkan dari mana awak dapatkan modal tambahan, mau minjam ke Bank awak gak punya jaminan, padahal minggu ini aja yang mesan udah lebih dari 8 orang" ungkap Nur mengakhiri.

Komentar atas Sulap Barang Bekas Jadi Tas Cantik Mampu Dongkrak Ekonomi Warga

Andi jambi 26 Oktober 2016 09:45:46 WIB
Bangga, akhirnya kampungku pnya nilai jual. Punya orang2 kreatif buat memajukan kampung. Pak kades n pak camat wajib support nih pak yg ginian.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

       Selamat dan Sukses

gambar


Pesan Redaksi :


Layanan Mandiri


Silahkan hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Kemitraan

       IKLAN USAHA DESA

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Desa Tanjung Harap

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung