Dari Pemutaran Film Hingga Turun Kejalan

MT.Syah 08 November 2018 07:37:10 WIB

Pemutaran Film Hingga Aksi Turun Kejalan Demi Saudara-Saudara Di Sulawesi Tengah

Aksi bakti sosial sebagai wujud kepedulian atas bencana yang menimpa  saudara- saudara kita di wilayah Sigi,Palu dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah 28 September 2018 marak terjadi dimana mana diberbagai wilayah Indonesia, segelintir orang banyak yang terjun melakukan penggalangan dana untuk memberikan bantuan kepada korban bencana, dari mulai kalangan pejabat Negara, artis, berbagai macam lembaga, universitas sampai dengan kelompok- kelompok dan organisasi yang ada di Desa.

Lain hal cara yang dilakukan Karang Taruna Desa Tanjung Harap Kecamatan Serba Jadi Kabupaten Serdang Bedagai. Mereka laksanakan penggalangan Dana untuk korban gempa dan tsunami Sigi,Palu dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah dengan cara yang berbeda.

Menurut Rahmat (25) salah seorang panitia “ Karang Taruna Bersama Bantu Sulawesi Tengah “ mereka melakukan penggalangan dana dengan cara pemutaran film bertajuk Tsunami yaitu film “ Hafalan Sholat Delisah seperti yang dikutip dari : https://id.wikipedia.org merupakan Film Drama Indonesia yang dirilis pada 22 Desember 2011 yang disutradarai oleh Sony Gaokasak . Film ini diangkat dari novel laris karya Tere Liye dengan judul yang sama. Seluruh pengambilan adegan film ini dibuat di Aceh. Delisah, gadis kecil yang periang, tinggal di Lhok Nga, sebuah desa kecil yang berada di tepi pantai Aceh; dan mempunyai hidup yang indah. Sebagai anak bungsu dari keluarga Abi Usman , ayahnya bertugas di sebuah kapal tanker perusahaan minyak internasional. Delisa sangat dekat dengan ibunya yang dia panggil Ummi , serta ketiga kakaknya yaitu Fatimah dan si kembar Aisyah dan Zahra .

Pada 26 Desember 2004, Delisa bersama Ummi Shalamah sedang bersiap menuju ujian praktik shalat ketika tiba-tiba terjadi gempa. Gempa yang cukup membuat ibu dan kakak-kakak Delisa ketakutan. Tiba-tiba Tsunami menghantam, menggulung desa kecil mereka, menggulung sekolah mereka, dan menggulung tubuh kecil Delisa serta ratusan ribu lainnya di Aceh serta berbagai pelosok pantai di Asia Tenggara.  

Film ini seolah mengajak kita larut seperti berada pada situasi yang sama, duka dan pilu sangat terasa kita rasakan saat menonton film ini, dan hal itu yang membuat kami karang taruna desa Tanjung Harap untuk memilih film tersebut untuk di sajikan kepada masyarakat Desa Tanjung Harap dalam aksi penggalangan dana.

Berbekal Infocus, laptop dan Sound System yang dipinjam dari pemerintah Desa Tanjung Harap tidak menyurutkan semangat kami untuk melaksanakan Bakti Sosial untuk Sulawesi Tengah, ujar Fany (20), Nia (24) dan Vina (18) remaja desa tanjung Harap yang terlibat langsung dalam aksi Penggalangan Dana “Karang Taruna Bersama Bantu Sigi,Palu dan  Donggala” .

Kegiatan Pemutaran Film ini dilaksanakan selama kurang lebih 1 Minggu di tiap tiap Dusun yang ada di Desa Tanjung Harap, “ pemutaran film kami mulai malam setelah selesai waktu shalat isya mengingat waktu tersebut sangat strategis, sebab masyarakat sudah tidak lagi beraktifitas, film berdurasi hampir 2 Jam ini pun memberikan respon positive bagi masyarakat yang menonton, setengah perjalanan pemutaran film tersebut kami pun mulai menggalang dana kepada masyarakat yang menonton” ucap Nanda Putra Diansyah Ketua Panitia “Karang Taruna Bersama Bantu Sigi,Palu dan  Donggala” secara tekhnis menjelaskan.

Tidak hanya dengan pemutaran film, penggalangan dana juga dilakukan dengan cara mengutip di jalan raya kepada masyarakat yang sedang melintas, serta pengajuan proposal kepada para-para donatur yang tidak mengikat.

“ Dari berbagai cara yang telah dilaksanakan selama kurang lebih 2 minggu kami pun mengakhiri kegiatan ini dan menyerahkan Bantuan yang telah kami Kumpul kepada Yayasan Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) salah satu yayasan di indonesia yang bergerak di bidang sosial pada tanggal 29 Oktober 2018 dengan hasil penggalangan kurang lebih sebanyak Rp. 7.000.000 dalam bentuk uang tunai, dan kami berharap walau bantuan kami ini masi terasa kecil dibandingkan total kerugian akibat gempa dan tsunami Sulawesi Tengah setidaknya bisa meringankan sedikit beban mereka". Tutup Nanda.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

       Selamat dan Sukses

gambar

Ir. H Soekirman           Darma Wijaya,SE
Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai Periode 2016-2021


Pesan Redaksi :


Layanan Mandiri


Silahkan hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

JADWAL TURNAMENT VOLLY

KADES CUP 2018 

Selasa, 4 Desember 2018

 15:00 WIB

Dusun I vol B

Dusun II Vol A

 Rabu,  5 Desember 2018

 15:00 WIB

Dusun I Vol A

Dusun II Vol B

 16:30 WIB

Dusun III Vol A

Dusun V

Kamis, 6 Desember 2018

 15:00 WIB

Dusun IV

Dusun II Vol A

 16:30 WIB

Dusun I Vol B

Dusun III Vol B

Jumat, 7 Desember 2018

 15:00 WIB

Dusun III Vol A

Dusun II Vol B

 16:30 WIB

Dusun I Vol A

Dusun V

Sabtu, 8 Desember 2018

 15:00 WIB

Dusun III Vol B

Dusun II Vol A

 16:30 WIB

Dusun I Vol B

Dusun IV

Minggu, 9 Desember 2018

 15:00 WIB

Dusun I Vol A

Dusun III Vol A

 16:30 WIB

Dusun V

Dusun II Vol B

Senin, 10 Desember 2018

 15:00 WIB

Dusun IV

Dusun III Vol B

Kemitraan

       IKLAN USAHA DESA

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Tanjung Harap

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung