Kepala BPS Serdang Bedagai Lakukan "Uji Petik" Program Pendataan SE 2016

admin 03 Juni 2016 16:59:28 WIB

Kamis (26/5), Kepala BPS Serdang Bedagai Dra. Enny Nuryani Nasution didampingi oleh Koordinator Wilayah Kecamatan Serba Jadi M. Ervin Sugiar, SST dan Koordinator Sensus Kecamatan Serba Jadi Fahrin Jumali siregar, AMd melakukan kunjungan lapangan “Uji Petik” dalam Program Pendataan Sensus Ekonomi 2016 ke Kecamatan Serba Jadi Blok 001B Desa Tanjung Harap.

M. Ervin menyatakan Uji Petik dilakukan demi memastikan bahwa pendataan Sensus Ekonomi telah benar - benar  dilakukan Petugas Pencacah Lapangan (PCL). Uji petik ini dilakukan terhadap 10 rumah tangga, 5 diantaranya rumah tangga yang memiliki usaha dan 5 rumah tangga yang tidak memiliki usaha. Pemeriksaan lembar L1 (Pendaftaran seluruh bangunan dan usaha/perusahaan), L2 (Lanjutan dari Daftar SE 2016-L1, mencatat informasi dan karakteristik setiap unit usaha/perusahaan) dan kerahasiaan data dijamin dalam UU Statistik serta pemberian pemahaman bahwa Sensus Ekonomi tidak terkait dengan pajak menjadi pertanyaan yang diajukan oleh beliau kepada responden apakah  benar dan telah disampaikan oleh Yuli Agustina selaku Pencacah Lapangan diwilayah tersebut.

Begitu juga dengan peta WB (Blok Sensus) dan pemasangan stiker Sensus Ekonomi menjadi acuan pemeriksaan oleh Koordinator Sensus  Kecamatan Serba Jadi, apakah kedua hal tersebut telah sesuai dengan penomoran dalam lembar L1.

“Dalam pendataan Sensus Ekonomi 2016 ini bukan hanya mendata usaha yang dimiliki oleh Kepala Keluarga saja tetapi juga usaha yang dimiliki oleh anggota keluarga yang masih tinggal dalam satu rumah tangga tersebut, sehingga tidak boleh ada satu usaha pun yang terlewatkan dan cukup hanya satu stiker saja yang dipasang tetapi dalam penomoran urut usaha bisa lebih dari dari satu” ujar Fahrin Jumali siregar.

Berdasarkan hasil dari Uji Petik tersebut Kepala BPS  Serdang Bedagai, Dra. Enny Nuryani Nasution mengungkapkan kepuasannya kepada Ahmad Taufik Rangkuti selaku Pengawas Lapangan (PML) atas kinerja PCL yang baru kali pertama mengikuti kegiatan pendataan seperti ini, menurutnya  kesesuaian antara isi dalam berkas dan kondisi di lapangan sangat akuntabel.

Komentar atas Kepala BPS Serdang Bedagai Lakukan "Uji Petik" Program Pendataan SE 2016

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

       Selamat dan Sukses

gambar


Pesan Redaksi :


Layanan Mandiri


Silahkan hubungi perangkat desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Kemitraan

       IKLAN USAHA DESA

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Lokasi Desa Tanjung Harap

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung